21 Mei 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

Hari Listrik Nasional : Cegah Global Warming Dengan Hemat Listrik Seperti Ini

Tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Listrik Nasional yang mengacu dari sejarah berdirinya Perusahaan Listrik Negara (PLN). PT PLN (Persero) kini merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengurusi seluruh aspek kelistrikan di Indonesia. Tahun ini adalah peringatan Hari Listrik Nasional yang ke-75. Tema yang diambil pada tahun ini yaitu “Menerangi Indonesia, memajukan bangsa.”

Listrik merupakan hal yang vital apalagi di era modernisasi seperti sekarang. Listrik dibutuhkan dalam aktivitas manusia baik siang maupun malam mulai dari dunia pendidikan, perkantoran, industri, dan lain – lain. Tak bisa kita bayangkan bagaimana jika listrik tidak ada atau habis. Selain dampak positif tersebut, faktanya ada beberapa dampak negatif dari penggunaan energi listrik secara berlebihan atau kurang bijak. Salah satunya adalah pemanasan global atau global warming. Gas – gas atau energi panas yang ditimbulkan akibat energi listrik akan membuat bumi semakin panas, membuat cuaca tidak menentu, membuat lapisan ozon semakin tipis, bahkan hingga mencairnya es di kutub. Dalam bidang ekonomi, tagihan listrik bisa jadi salah satu beban bulanan rumah tangga yang lumayan besar. Penggunaan alat-alat elektronik yang tidak dikelola dengan baik inilah yang justru bisa membuat tagihan listrik bulanan di rumah terus membengkak.

Lantas bagaimana cara efektif agar tagihan listrik tidak membengkak??? Berikut 7 jurus jitu dalam menghemat listrik agar lingkungan semakin hijau.
1. Cabut kabel, lampu, dan peralatan saat tidak digunakan.
2. Nyalakan lampu seperlunya.
3. Minimalisir penggunaan dispenser.
4. Jangan biarkan alat elektronik menyala saat tidur.
5. Bijak dalam menggunakan kulkas.
6. Manfaatkan pohon dan tanaman agar lingkungan rumah beriklim sejuk.
7. Membuat ventilasi yang baik sehingga meminimalisir penggunaan AC dan kipas angin.

Jadi, Anda sudah menghemat listrik dengan cara seperti apa?

#SalamLestari #HariListrikNasional