28 September 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

Juara 1 Inovasi Literasi, Kebun Kejujuran Dikunjungi Madiuntoday

Anugerah KIM Berprestasi 2020 usai digelar. Pengumuman kemenangan sudah disampaikan oleh Dinas Kominfo Kota Madiun. Ada 3 nominasi antara lain : website terbaik, inovasi literasi terbaik, dan pewarta berita terbaik. KIM Kencana Indah kelurahan Banjarejo masuk dalam nominasi Inovasi Literasi dan mendapatkan Juara 1.

Inovasi Literasi yang diusung oleh KIM Kencana Indah Kelurahan Banjarejo adalah Kebun Kejujuran. Yang mana kebun kejujuran ini merupakan pemanfaatan lahan kosong dan fasum milik warga Perumahan Griya Kencana. Kebun kejujuran merupakan kebun yang ditanam oleh warga Perumahan Griya Kencana, dimana saat panen warga mengambil dan menakar sendiri, kemudian membayar kepada bendahara atau pengurus kebun kejujuran.

Pada Jum’at 18 November 2020, madiuntoday.id berkunjung ke Kebun Kejujuran Griya Kencana untuk melihat bagaimana teknis pelaksanaan dari Kebun Kejujuran ini. Tim dari madiuntoday.id sangat antusias dalam meliput kegiatan pelaksanaan Kebun Kejujuran. Pengurus Kebun Kejujuran Griya Kencana pun juga sangat antusias dalam menyambut madiuntoday dalam liputan tersebut.

Bu Erlina Fatma Ratri selaku ketua Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan selaku pencetus kebun kejujuran ini menuturkan bahwa tanaman yang ditanam di kebun ini semuanya organik tanpa ada campuran bahan kimia yang berbahaya, contohnya seperti pestisida.

Dilansir dari madiuntoday.id, Bu Erlina Fatma Ratri berharap bahwa Kebun Kejujuran Griya Kencana bisa meningkatkan produksi serta mampu memberi manfaat kepada masyarakat luas. “Tidak hanya hasil kebunnya, tetapi juga ilmu yang bisa diserap,” tandasnya.