27 September 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

Cinta Lingkungan, SDN Banjarejo Ajak Siswa – Siswi Rawat Tanaman

Keterangan foto : Zindra Rachel Fahri, salah satu siswa kelas VI B SDN Banjarejo sedang merawat tanaman.

Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil telah dilalui. Kini siswa – siswi SDN Banjarejo sudah mulai memasuki masa liburan semester. Menurut surat edaran dari SDN Banjarejo, libur dimulai sejak tanggal 24 Desember 2020 hingga tanggal 3 Januari 2021. Hari Senin, 4 Januari 2020 siswa – siswi mulai aktif dalam kegiatan pembelajaran kembali.

Meski memasuki masa libur panjang, guru SDN Banjarejo mengajak siswa – siswinya untuk menanam dan merawat tanaman di rumah. Tanaman yang ditanam antara lain : cabai, terong, serai, ketela pohon, dan kangkung. Tanaman tersebut adalah jenis tanaman produktif. Disebut tanaman produktif karena menghasilkan buah atau sayur yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Selain menanam dan merawat, siswa – siswi juga diberikan tugas untuk mengamati pertumbuhan serta perkembangan tanaman setiap harinya.

Metode yang digunakan dalam penanaman ini adalah vegetatif dan generatif. Vegetatif (kawin) adalah proses pembiakan tanaman dengan gen dari induknya atau bisa melalui biji, seperti cabai, terong dan kangkung. Sedangkan pembiakan tanaman secara generatif (tak kawin) ada beberapa jenis, salah satunya setek batang yang bisa dilakukan pada tanaman ketela pohon. Meskipun batangnya dipotong dan ditanam kembali, tanaman ketela tetap bisa tumbuh.

Zindra Rachel Fahri, salah satu siswa kelas 6 B SDN Banjarejo mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan ini di rumah. “Kegiatan ini mampu menambah wawasan tentang lingkungan, meningkatkan rasa cinta kita pada tanaman serta mengisi waktu luang selama liburan,” ucap Zindra. Serupa dengan Zindra, Rosyidatul Nasifah yang juga siswi kelas 6 B merasa sangat antusias dalam menanam dan merawat tanaman. “Saya menggunakan polibag dari bahan bekas seperti bekas bungkus minyak goreng guna memanfaatkan sampah di lingkungan kita,” ujar Rosyi.

Semoga dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan rasa cinta siswa – siswi terhadap lingkungan. Semakin banyak kita menanam tanaman, semakin banyak pula oksigen yang dihasilkan. Semoga adik – adik tetap semangat berkarya di masa pandemi ini dan meningkatkan kegiatan produktif. Salam Lestari!!!

Rosyidatul Nasifah, salah satu siswi kelas VI B SDN Banjarejo