19 Mei 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

Posyandu Mawar Merah Perlakukan Bayi dan Balita Seperti Ini…

Kegiatan Posyandu mulai kembali aktif setelah PPKM di Kota Madiun turun level. Seperti yang terlihat di Posyandu Mawar Merah milik RW 8 Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Taman. Anies Haryuniati selaku ketua beserta 4 kader posyandu Mawar Merah mulai melayani pemeriksaan balita, Rabu pagi (15/9). Sebanyak 18 bayi dan balita berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan di Fasum tengah Perumahan Griya Kencana ini.

Kader posyandu Mawar Merah memberikan pelayanan yang ramah. Mereka menyapa balita beserta ibunya selama melakukan pelayanan. Pelayanan yang dilakukan yaitu pengukuran berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala.

Pengelola posyandu atau kader posyandu umumnya dipilih dari dan oleh masyarakat secara musyawarah. Kader ini setidaknya terdiri dari lima orang. Kader-kader tersebut sebaiknya memiliki motivasi untuk mengabdi pada masyarakat. Untuk pengetahuan seputar medis, petugas puskesmas juga dapat membantu para kader posyandu.

Keberadaan posyandu diharapkan dapat memberikan sejumlah manfaat di bawah ini bagi masyarakat, terutama ibu, bayi dan balita:

  • Memperoleh kemudahan untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi, dan balita
  • Mendapatkan saran seputar asupan gizi bayi dan anak, sehingga tidak mengalami gizi buruk
  • Memastikan bayi dan balita memperoleh imunisasi lengkap yang diwajibkan oleh pemerintah
  • Memperoleh penyuluhan kesehatan terkait tentang kesehatan ibu dan anak
  • Apabila terdapat kelainan pada bayi dan balita dapat segera diketahui dan dirujuk ke puskesmas
  • Dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang kesehatan ibu, bayi, dan anak balita