3 Oktober 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

Kebun Kejujuran

Kebun Kejujuran.
Di Griya Kencana.

Kebun kejujuran adalah kebun yg menyiapkan tanaman sayur buah di kawasan fasum perumahan Griya Kencana dimana membelinya sayur dilakukan warga sendiri, dengan memetik hasil dan menakarnya sesuai harga pasar kemudian membayar ke bendahara sesuai nilai sayur yang dipetik.

Kegiatan ini sdh berlangsung sejak tahun 2009, dan berlangsung sampai sekarang.

Seiring dengan waktu semakin berkembang dan mendapat reward dari Dinas Pertanian Kota Madiun berupa program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari).

Kegiatan berkebun ini dilaksanakan ibu-ibu yg tergabung dalam tim kebun. Kegiatan berkebun kejujuran dan KRPL ini mulai dari menyiapkan bibit tanaman sayuran dan hias, bertanam sayuran, pemeliharaan tanaman (menyiram, memberi pupuk organik, membersihkan gulma), panen kejujuran maupun panen kelompok, pasca panen dan pemasaran.

Hasil panen dimasukkan kas bendahara kebun dan dibukukan di buku kas secara transparan. Selanjutnya hasil kebun digunakan untuk kegiatan pengembangan dan keberlanjutan kebun.

Awalnya kebun seluas tanah fasum yang digunakan 40 m sekarang menjadi 200 m.
Dengan komoditas semakin bertambah dan multi budidaya.

Komoditas sayuran yang ditanam antara lain terong, cabe rawit, tomat, sawi baso, sawi sendok, samhong, selada, daun pre, seledri, bayam hijau, bayam sembur, bayam merah, kangkung, bunga kol.

Adapun multi budidaya antara lain budidaya sayuran organik dalam bidang tanah dan polibag. Budidaya hidroponik dengan menggunakan listrik maupun hidroponik tanpa listrik mengunakan bekas kotak buah (steorofom).
Selain itu juga budidaya ikan dalam ember (budikdamber) yaitu membudidayakan ikan dalam ember sekaligus memanfaatkan airnya untuk budiya kangkung yang diletakkan diatas ember dan memanfaatkan air bekas lele untuk disiramkan pada tanaman sayuran. #AKB2020 #Madiunkotapendekar #Pancakarya