3 Oktober 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

Tertua di Madiun, Masjid Kuncen Akan Dijadikan Paket Wisata Cagar Budaya

Pernah berkunjung ke Masjid Kuncen? Tahukah kamu bahwa Masjid Kuncen merupakan Masjid tertua di Kota Madiun. Masjid ini dibangun pada akhir abad ke-16 setelah tahun 1575 menurut bukti sejarah. Masjid Kuncen merupakan salah satu warisan budaya religi Islam selain Masjid Kuno Taman.

 

Meski berusia sangat tua, namun sampai saat ini Masjid Kuncen masih nampak kokoh, bangunannya masih terawat dengan baik. Empat pilar peyangganya dari kayu jati tak rusak dimakan usia. Tahun 1970 masjid ini dinamai Masjid Nur Hidayatullah. Namun orang – orang masih menyebutnya dengan nama populer Masjid Kuncen.

Pangeran Timur yang menjabat sebagai bupati pada tahun 1568 – 1586 membawa misi untuk menyebarkan agama Islam. Dapat dilihat dari pembangunan pusat pemerintahan yang berada di sekitar masjid. Makam Pangeran Timur sendiri berada di sekitar Masjid Kuno Kuncen.

 

Dilansir dari madiunpos.com, masjid ini mengandung nilai sejarah yang sangat tinggi. Selain karena bangunan masjid serta artefaknya, juga terdapat peninggalan-peninggalan kerajaan terdahulu. Terdapat pula makam para bupati Madiun, serta sendang dan pohon besar yang merupakan asal usul Kota Madiun.

Dikutip dari madiuntoday.id, Masjid Kuncen akan dijadikan rangkaian paket wisata cagar budaya oleh Pak Maidi (Walikota Madiun). Selain Masjid Kuncen, ada juga Bakorwil, Busbo, dan Padepokan SH Terate. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Walikota Maidi dan Wakil Walikota Inda Raya yaitu Pancakarya, salah satunya Madiun Kota Peduli.

#akb2020 #kimbanjarejo #pancakarya #madiunkotapeduli #kominfo #kotamadiun