20 Mei 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

Mulai Jajanan Tradisional Hingga Modern, UMKM di RT 16 RW 5 Sungguh Beragam



Membahas UMKM di Kelurahan Banjarejo memang tak ada habisnya. Jika kita jalan – jalan ke RT 16 Kelurahan Banjarejo, kita bisa menemukan banyak sekali usaha mandiri masyarakat yang bergerak di bidang kuliner, mulai jajanan tradisional hingga modern. Jajanan tradisional bisa kita temui di Wahyu Temurun Madumongso, Warung Putu Sagita Samba, Warung Golang – Galing, Jenang Semlindut, Gesang Bakpao hingga Zhapizza Madiun.



Wahyu Temurun Madumongso merupakan home industry yang memproduksi jajanan madumongso. Madumongso merupakan jajanan dari ketan hitam yang rasanya manis dan asam. Usaha yang dirintis oleh Bu Danuk ini dimulai sejak tahun 1995.

Kemudian ada juga jajanan putu tradisional di Warung Putu Sagita Samba. Warung ini didirikan oleh Pak Karyono pada tahun 2000. Kue putu adalah jenis makan tradisional nusantara yang berupa kue dengan isian gula jawa, dibalut dengan parutan kelapa, dan tepung beras butiran kasar. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan Warung Golang Galing di RT 16 ini. Warung yang didirikan oleh Bu Maryati sejak tahun 2016 ini terletak juga di Jalan Timbangan. Golang Galing merupakan jajanan tradisional dari tepung terigu yang digoreng. Orang biasa menyebutnya roti bantal.

Siapa tak tahu Jenang Slendut? Makanan khas Jawa ini bisa kamu temukan di Jl. Timbangan No. 30, RT.16 / RW.5, Kelurahan Banjarejo. Usaha Jenang Slendut ini didirikan oleh Bu Wahyu Sri Handayani sejak tahun 2002.

Kemudian kita bisa menemukan jajanan Bakpao di Gesang Bakpao. Gesang Bakpao dirintis pada tahun 2020 ini oleh Pak Gesang Widyojatmoko. Gesang Bakpao ini terletak di Jl. Sawahan.

Selain beberapa usaha jajanan di atas, ada juga jajanan modern yaitu di Zhapizza Madiun. Makanan yang diproduksi adalah pizza dengan berbagai topping. Zhapizza Madiun didirikan oleh Bu Galih Paramitra sejak tahun 2019. Alamat tempat usaha ini adalah di Jalan Timbangan No 17 B.

Semoga dengan adanya UMKM yang sangat beragam ini mampu mensejahterakan masyarakat serta mendukung peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

#AKB2020 #UMKMMadiun #MadiunKotaMembangun