3 Oktober 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

Si Merah kaya akan manfaat, selalu menghiasi Kebun Kejujuran

 

 

 

Siapa pecinta sayur yang belum pernah mengkonsumsi bayam? Pastilah sudah menjadi hal yang biasa. Namun yang sering kita temui di Tukang Sayur biasanya bayam hijau. Untuk memperoleh Bayam Merah, kita biasanya pergi ke Supermarket terdekat.

Jenis bayam merah banyak mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, rutin, purin serta vitamin A, B dan C. Bayam merah mengandung betasianin dan antosianin-pigmen alami yang lebih tinggi daripada bayam hijau. Dikutip dari sayurbox.com,  bayam merah lebih banyak mengandung kalsium dan vitamin B3 dibandingkan bayam hijau.

Dalam 100gr bayam merah mengandung energi sebesar 41,2 kkal, 2,2 gr protein, 0,8 gr lemak, 6,3 gr karbohidrat, 520 mg kalsium, serat 2,2 gr, 7 mg zat besi dan 62 mg vitamin C. Tanaman ini merupakan sayuran berserat yang dapat digunakan untuk melancarkan proses buang air besar. Selain itu akar bayam merah juga berkhasiat sebagai obat disentri.

Cara mengkonsumsi bayam merah ini bisa dengan direbus, disayur, ditumis, dan diblender. Di Kebun Kejujuran Griya Kencana, bayam ini tumbuh subur dan terlihat segar. Tentu saja sayuran ini ditanam dengan menggunakan pupuk organik yang bebas pestisida. Untuk per ikatnya, biasanya dijual dengan harga Rp 2000, tentu saja sangat murah kan? Yuk, biasakan konsumsi sayur sedini mungkin.

#AKB2020 #SayurOrganik #PancaKarya #KotaMadiun