3 Oktober 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

Selamat Hari Guru, Ketua KIMku..

Kita semua pasti tahu siapa pahlawan tanpa tanda jasa. Tentunya guru bukan? Hari ini, tepatnya tanggal 25 Novemer 2020 diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengupas sedikit cerita tentang ketua KIM Banjarejo yang kebetulan berprofesi sebagai guru. Beliau adalah Ibu Erlina Fatma Ratri. Wanita kelahiran Ngawi, tanggal 27 Maret 1969 ini mengajar sejak tahun 1992. Beliau menyelesaikan pendidikannya di beberapa universitas di antaranya D3 di IPB Bogor, AKTA 3 di IKIP Jakarta yang sekarang lebih dikenal dengan UNJ, S1 di IKIP PGRI Madiun yang sekarang bernama UNIPMA, dan S2 di UNS Solo. Beliau memulai karirnya mengajar budidaya tanaman sayuran dan tanaman hias serta budidaya tanaman pangan di SMKN 1 Trucuk Klaten. Lalu pada tahun 2000, karena harus mengikuti dinas suami di Kota Madiun, beliau pindah di SMKN 3 Kimia Madiun mengajar analisis mikrobiologi.

Beliau mengatakan bahwa mengajar di SMKN 3 Kimia Madiun penuh dengan suka duka. “Akan tetapi lebih banyak sukanya ya karena berhadapan langsung dengan siswa – siswi yang membuat hidup menjadi lebih berwarna.” tuturnya. Selain itu beliau juga mengatakan bahwa mengajar adalah bagian dari kehidupan. “Apalagi saat melihat kompetensi siswa ketika melaksanakan praktikum, rasanya terharu dan lega.” lanjut ibu ketua RW 08 Kelurahan Banjarejo ini. Beliau berharap semoga anak didiknya menjadi insan yang bertaqwa, berkarakter baik, berilmu, dan berguna bagi nusa dan bangsa serta sukses di masa depannya.

Meskipun terdapat duka saat mengajar, namun beliau tidak menganggap itu sebagai duka, justru beliau menganggap sebagai penyemangat untuk berusaha lebih baik lagi dalam mendidik dan membimbing.

Selain berkarya dibidang pendidikan, Beliau ini juga pecinta lingkungan sejati loh.. Terbukti bahwa beliau adalah pencetus Kebun Kejujuran Perumahan Griya Kencana. Selain sebagai Ketua KIM Kelurahan Banjarejo, beliau juga merupakan Ketua Pokja 3 TP PKK Kelurahan Banjarejo.

#AKB2020 #MadiunKotaPintar #HariGuru #PancaKarya