28 September 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

Ada Yang Menarik di Kebun Kejujuran, Sampai Diborong !!!

Sabtu, 5 Desember 2020
Matahari belum tinggi sekitar pukul 08.00 WIB. Namun beberapa Ibu warga Griya Kencana yang tergabung dalam KRPL/P2L sudah berkumpul di Kebun Kejujuran sayuran organik .Ada yang memanen bayam hijau, bayam Brazil semua pesanan warga. Lalu ada yang menyapu, dan membersihkan rumput. Sedangkan Ibu RW.08 yang sekaligus ketua KRPL bersama salah seorang Ibu menyiapkan polibag-polibag kecil yang sudah ditanami pegagan.

Ya…pagi ini ada pesanan dari salah seorang Ibu anggota perkumpulan Salimah (persaudaraan wanita muslimah) yang memesan 50 polibag tanaman Pegagan. Perkumpulan Salimah yang bersekretariat di rumah Ibu Ketua Ibu Mumun di Munggut Kabupaten Madiun ini menyumbangkan tanaman Pegagan kepada Komunitas Anak-anak Berkebutuhan Khusus di Kota Madiun.

Tanaman Pegagan yang termasuk toga(tanaman obat keluarga) ini penyerahannya diserahkan secara langsung oleh anggota Salimah kepada Ketua Komunitas Anak-anak Berkebutuhan Khusus Ibu Faruq yang lebih dikenal juga dengan nama Ibu Bambang atau Ibu Mimin.

 

Tanaman Pegagan dengan nama latin Centella Asiatica mempunyai banyak manfaat, khususnya buat anak- anak berkebutuhan khusus.
Manfaatnya antara lain : dapat meningkatkan fungsi kognitif otak, meningkatkan fungsi memori & saraf, melindungi sel-sel otak dan meningkatkan daya ingat.

Cara mengkonsumsinya juga bervariasi.Bisa langsung dimakan mentah sebagai lalapan, bisa dibuat minuman hangat sebagai teh, dibuat jus ataupun dikonsumsi ekstraknya.

Mari bagi yang belum pernah mengkonsumsinya silahkan mencoba tanaman toga yang satu ini yang kaya manfaat.

#tanamantogapegagan#
#krpl/p2lgriyakencana