27 September 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

Sama-sama RW 08, Kelurahan Banjarejo dan Kelurahan Rejomulyo Kota Madiun Sabet Predikat Utama

Lingkungan RW 08 Kelurahan Banjarejo dan Kelurahan Rejomulyo Kota Madiun mendapat gelar predikat utama atau kategori utama pada lomba yang diadakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan.

RW 08 Kelurahan Banjarejo Kecamatan Taman Kota Madiun mendapatkan penghargaan Sertifikat sebagai Lokasi Program Kampung Iklim Kategori Utama.
Dimana hal ini dibuktikan dengan aktif melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara terintegrasi sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap upaya adaptasi perubahan iklim. Adapun kegiatan dalam mendukung hal tersebut adalah pengendalian kekeringan, banjir dan tanah longsor, kemudian peningkatan ketahanan pangan, dan yang terakhir pengendalian penyakit terkait iklim.

RW 08 Kelurahan Banjarejo telah melangsungkan kegiatan adaptasi mitigasi ini sejak tahun 2009 dan masih berjalan sampai sekarang. Hal-hal yang dilakukan untuk menjaga konsistensi kegiatan ini diantaranya pengembangan tanaman hidroponik, menambah budikdamber dalam kelompok, penambahan jenis sayuran organik, memasarkan bibit tanaman hias dan sayur, serta memasarkan pupuk bokasi.

Harapan kami, semoga dengan adanya prestasi ini bisa menginspirasi daerah-daerah lain yang ada di Kota Madiun untuk berkarya di lingkungan masing-masing. Karena mengingat iklim di Indonesia pada saat ini tidak bisa menentu.

Sertifikat yang diperoleh kedua kelurahan ini berasal dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yaitu Dr.Ir.Siti Nurbaya, M.Sc.