19 Mei 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

Gagas 3 Inovasi, Pokja 4 Berkunjung Ke Posyandu Waru B

Pokja 4 PKK Kelurahan Banjarejo yang membidangi kesehatan, kelestarian hidup, dan perencanaan sehat berkunjung ke posyandu balita Waru B, Kelurahan Banjarejo Kecamatan Taman, Kota Madiun. Kunjungan ini dilaksanakan pada hari Senin 19 April 2021 didampingi oleh Ketua TP PKK Kelurahan Banjarejo. Kunjungan ini dalam rangka untuk mensosialisasikan 3 program yang menjadi inovasi Pokja 4.

Tiga program yang menjadi inovasi baru Pokja 4 PKK Kelurahan Banjarejo antara lain : sosialisasi program baby massage, bank sampah balita, dan sosialisasi bahaya stunting bagi anak. Program ini telah disosialisasikan ke beberapa posyandu. Tujuan sosialisasi ini agar kader posyandu lebih meningkatkan pengetahuan berupa teori maupun praktik.

Program baby massage merupakan cara untuk melakukan pijatan kepada bayi. Tujuan dari baby massage adalah agar bayi merasa nyaman. Selain itu untuk merangsang saraf motorik agar bayi lancar dalam melakukan kegiatan. Baby massage dilakukan mulai dari tangan, wajah, perut, punggung dan kaki. Dengan melakukan pijatan lembut diolesi baby oil, diharapkan membuat bayi menjadi nyaman.

Program inovasi kedua yaitu Bank Sampah Balita. Setiap dilaksanakannya posyandu, balita dianjurkan membawa sampah anorganik untuk disetorkan di bank sampah balita. Kemudian sampah dicatat oleh petugas terkait.

Program inovasi ketiga yaitu sosialisasi stunting. Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Umumnya disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Sosialisasi ini rutin dilakukan agar orang tua khususnya ibu – ibu paham mengenai bahaya stunting dan menjaga anaknya agak tidak stunting.

Sri Herlina, S.Pd selaku Ketua Paguyuban Posyandu Kelurahan Banjarejo menjelaskan ketiga program tersebut kepada kader Posyandu Waru B dan ibu – ibu yang hadir pada kegiatan posyandu balita. “Kami harap program ini bisa terlaksana dengan baik, mohon dukungan serta partisipasi dari semua pihak.” ujar Sri Herlina, S.Pd.