3 Oktober 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

Pengurusnya Anak – Anak Muda, Bank Sampah Sedoro Asri Jadi Berkah di Bulan Ramadhan



Bank Sampah Sedoro Asri, begitulah nama Bank Sampah yang terletak di RT 33 / RW 1 Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun. Bank Sampah ini mulai beroperasi tanggal 21 Februari 2021 yang bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional. Bank sampah ini berdiri karena kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Bank Sampah merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah kemudian hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke pengrajin sampah atau ke pengepul sampah. Hasil setor sampah kemudian ditimbang dan dicatat oleh pengurus dan ditukar berupa uang. Uang akan ditabung dan bisa dicairkan 1 tahun sekali. Sementara ini ada 10 kategori sampah yang bisa disetorkan di Bank Sampah Sedoro Asli, antara lain : Botol plastik, gelas plastik, plastik keras, plastik kemasan, kardus, duplex, kertas, besi, kaleng, dan botol kaca.

Sudah tiga bulan beroperasi, sebagian besar pengurus Bank Sampah Sedoro Asri adalah anak – anak pelajar yang masih muda. “Kami memang ingin pengurusnya itu anak – anak muda agar anak muda mulai mencintai lingkungan sejak dini”, ungkap Anik Harti selaku Ketua Bank Sampah Sedoro Asri. Selain itu, agar menambah pengalaman organisasi dan menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi.

Adapun susunan pengurus Bank Sampah Sedoro Asri adalah sebagai berikut.
Pembina : Hajar Budi Usodo
Ketua : Anik Harti
Sekretaris : Imron Romanza
Bendahara : Lindra Aprilita
Divisi Pemilahan :
1. M. Hafizh Wildan Pratama
2. Yedik Widyatmoko
Divisi Penimbangan :
1. Revan Sabilillah
2. Andika Februardhani
Divisi Pencatatan :
1. Wanda Kartika Fitri
2. Rosyidatul Nasifah
Divisi Perlengkapan dan Bagian Umum :
1. M Albar Sabilillah
2. A. Fadhillah
3. Adam Giasshudin

Memasuki bulan ketiga ini, total sampah yang dihasilkan Bank Sampah Sedoro Asri sebanyak 242,7 kg. Artinya, sebanyak 242,7 kg sampah telah berhasil dikelola di Bank Sampah sehingga tidak mencemari lingkungan. Jumlah nasabah pun semakin meningkat tiap bulannya. Pada bulan Februari sebanyak 27 orang, bulan Maret sebanyak 39 dan bulan April ini sebanyak 44 nasabah.

Hajar Budi Usodo selaku ketua RT 33 mengaku puas dengan berjalannya Bank Sampah ini. “Bank sampah kami memang masih baru, perlu diperbaiki karena ada beberapa kekurangan. Kami akan terus berusaha untuk menyempurnakan kekurangan tersebut.” ujar Hajar Budi Usodo. Semoga Bank Sampah Sedoro Asri bisa menginspirasi masyarakat lain agar lebih peduli terhadap lingkungan. Salam Lestari!!!