3 Oktober 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

Viral, Tempat Seperti Ini Jadi Wisata Petik Buah di Kota Madiun

Madiun – Pernahkah Anda berkunjung ke Ngrowo Bening Edu Park? Tempat rindang dikelilingi pohon trembesi. Ngrowo Bening Edu Park dijadikan sebagai taman edukasi bagi masyarakat. Banyak orang berkunjung untuk berolahraga, refreshing, berfoto ria, diskusi, hingga melakukan wisata petik buah. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Tempat ini terletak di Jl. Abdurrahman Saleh. Dulunya merupakan tanah kosong kemudian sekarang dimanfaatkan sebagai taman untuk edukasi.

Salah satu wisata unggulan di Ngrowo Bening Edu Park adalah wisata petik buah. Kebun ini berada di sebelah kiri pintu masuk area. Lahan seluas tiga hektar dikelola untuk menjadi wisata petik buah. Dua hektar untuk ditanami buah dan sayur, sedangkan satu hektar dijadikan taman dan rumah makan.

Banyak sekali sayur yang bisa kita petik langsung di Ngrowo Bening Edu Park antara lain : tomat, terong, melon, semangka, pisang, pepaya, kacang panjang, jahe merah, dll. Pengunjung bisa langsung memetik buah dari kebun dan menimbangnya. Harga buah dan sayur ini juga tergolong ekonomis mulai dari Rp 5.000 per kilogram.

Buah dan sayur di tempat ini tidak mengandung pestisida yg berbahaya, bisa dipastikan organik dan lebih sehat. Pak Tofa selaku pengelola tidak mau memakai pestisida kimia. Jika ada hama menyerang tanaman, beliau lebih suka memakai pestisida organik.

Pihak pengelola terus berkoordinasi dengan pemerintah kota guna pengembangan tempat wisata. Dengan adanya kebun ini, masyarakat diharapkan bisa lebih sadar akan lingkungan. Walikota Maidi juga berharap agar Wisata Petik Buah Ngrowo Bening ini bisa meningkatkan ketahanan pangan di Kota Madiun. Pengelola juga berharap agar para pengunjung tetap menjaga kebersihan dan tidak merusak kebun.
(Imron)