15 Agustus 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

LUAR BIASA!!! Bank Sampah Sedoro Asri Jadi Percontohan SMPN 5 Madiun

SMPN 5 Madiun akan mendirikan bank sampah dalam rangka menyambut penjurian Adiwiyata. Bank sampah ini akan dikelola langsung oleh siswa – siswi yang tergabung dalam pokja bank sampah. Siswa – siswi tentunya masih membutuhkan bimbingan untuk mengelola bank sampah. Imron Romanza ST, salah satu founder bank sampah Sedoro Asri menjadi narasumber dalam sosialisasi bank sampah di SMPN 5 Madiun pada Jum’at (15/10) di aula SMPN 5 Madiun.

Bank sampah merupakan tempat pengelolaan sampah anorganik dimana sampah dipilah, disetor, ditimbang, dan dicatat oleh pengurus bank sampah. Hasil dari bank sampah berupa buku tabungan bank sampah. Sampah yang disetor antara lain: kertas, plastik, kardus, kaca, besi, dll. Setiap sampah memiliki nilai ekonomis yang berbeda. Sampah yang disetor harus dalam keadaan bersih dan kering.

Bank sampah Sedoro Asri terletak di Jalan Sedoro, Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun. Walaupun belum genap satu tahun berdiri, bank sampah tersebut rutin melaksanakan kegiatan tiap satu bulan sekali. Nasabah di Bank Sampah Sedoro Asri sudah mencapai 50 orang.

Heri Widowati, S. Pd selalu ketua pokja lingkungan mengaku sangat senang dengan adanya sosialisasi ini. “Terimakasih kepada bank sampah Sedoro Asri yang sudah bersedia menjadi percontohan untuk sekolah kami.” ungkap Heri Widowati saat dengan wajah puas. Kedepannya, SMPN 5 Madiun akan membentuk pengurus bank sampah yang terstruktur dan melaksanakan kegiatannya. “Kami juga berharap bank sampah ini bisa memberi manfaat bagi siswa – siswi, kami juga mengharapkan bank sampah kami segera memiliki SK dari DLH Kota Madiun.” lanjut Heri Widowati. (IR)