20 Mei 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

SAWI SAMHONG KEBUN KEJUJURAN

Seperti yang kita ketahui, kebun kejujuran ini memiliki banyak sekali budidaya sayuran sawi, salah satunya yaitu sawi samhong ( latin: Brassica sinesis L ). Budi daya sawi samhong ini berawal dari benih yang telah kita beli. Kandungan nutrisi pada sawi ini adalah kalium, zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, sodium, zinc, dan tembaga.

Ciri-ciri sawi samhong, atau yang lebih biasa kita kenal sebagai sawi keriting ini memiliki batang berwarna putih dan daun yang lebar namun agak keriting, maka dari itu sawi ini lebih biasa kita sebut sawi keriting. Rasanya pun juga berbeda dengan sawi biasa. Pada sawi hijau biasa, biasanya ada rasa sedikit pahit di daunnya, namun sawi samhong memiliki rasa yang enak dan gurih.

Tempat penanamannyapun ibu-ibu Perum Griya Kencana memilih menggunakan pipa paralon, mengingat lahan yang dimiliki juga belum terlalu luas, dan masih harus dibagi dengan tanaman-tanaman yang lain. Pupuk yang digunakan yaitu pupuk hidroponik.

Untuk pemasarannya biasanya dibeli langsung oleh orang-orang tionghoa, seperti Karunia Foto, My Optic, juga Graha Diesel. Namun tidak menutup kemungkinan juga dibeli oleh orang-orang sekitar Perum Griya Kencana.