21 Mei 2022

KIM KENCANA INDAH BANJAREJO

CERDAS DALAM MENGOLAH INFORMASI

Berawal dari Hobby, Menjadi Bisnis

Dimasa pandemi ini tentunya kita banyak menghabiskan waktu kita untuk tetap dirumah saja apabila tidak berkepentingan untuk keluar rumah. Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan saat di rumah, seperti menekuni hobby kita. Yaap hobby…, Hobby adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Hobby tidak hanya melulu tentang mengoleksi suatu benda, hobby bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Seperti yang dilakukan Riza (18 TH), ia adalah warga banjarejo yang masih menjadi pelajar di salah satu SMA di Kota Madiun.

Pada awalnya hanya hobby saja, suka dengan burung kenari. Akhirnya ia membeli sepasang burung kenari. Berawal dari situlah, ia mulai mempelajari bagaimana cara merawatnya, apa saja jenis-jenisnya, dan bagaimana cara mengembang biakkan burung kenari ini, karena menurutnya burung kenari memiliki keelokan tersendiri mulai dari bulunya , warna bulunya, dan yang paling penting suaranya yang begitu mungil dan merdu.

Ternyata perawatannya pun tidak begitu sulit, hanya saja membutuhkan ketelatenan, makanan nya pun juga terjangkau dan mudah di dapat. berawal dari 1-2 pasang burung kenari itulah, ia mulai belajar mengembangbiakkan. Bagaimana agar telur-telur kenari ini dapat menetas sempurna. Ternyata usaha dari hobbynya pun membuahkan hasil. Pelan tapi pasti, kenari-kenari itu mulai berkembang banyak. Akhirnya ia mulai menjual satu per satu burung kenarinya kepada orang-orang yang menyukainya. Pemasarannya pun melalui media sosial dan di jual kepada tetangga sekitar.

Awalnya riza tidak menyangka bahwa ia bisa berternak burung kenari sendiri dan menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Berawal dari hobby yang ditekuni itulah, ternyata menjadi sebuah peluang bisnis.